Skip to main content

Tips budidaya jamur tiram putih di daerah panas

Tips budidaya jamur tiram putih di daerah panas

Pengetahuan tanpa tindakan adalah sia sia, dan tindakan tanpa pengetahuan adalah kegilaan. Sebelum kita bahas tips jamur tiram putih di daerah panas terlebih dahulu kita bahas 3 fakta unik tentang jamur tiram.
  1. Jamur yang paling banyak dikonsumsi. Mungkin kamu juga setuju jamur tiram adalah  jamur yang paling sering kamu temui baik itu di pasar ataupun di swalayan, karena memang jamur jenis tiram ini paling banyak dikonsumsi.
  2. Mengandung banyak nutrisi. Ini dibuktikan oleh banyak penelitian sob., ternyata jamur ini banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh., gak heran kalau jamur tiram ini sering digunakan sebagai pengganti daging dalam masakan vegetarian. 
  3. Paling mudah dipelihara/dibudidayakan. Jamur tiram juga mudah sekali dalam perawatannya sob.. saking mudahnya kamu juga bisa memelihara dan memanen jamurnya di rumah lohh..⁣⁣
Yuk pelihara jamur tiram dirumah!! Selain menyenangkan kamu juga bisa petik jamurnya langsung dirumah..⁣⁣

budidaya jamur tiram putih di daerah panas
budidaya jamur tiram putih di daerah panasPerlakukan sebaik mungkin maka hasil terbaik akan menjadi imbalan nya... 
Untung Berlipat dari Budi Daya Jamur Tiram Tanaman Multi Manfaat. Jamur tiram, khususnya jamur tiram putih, kian naik pamornya akhir-akhir ini. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, jamur ini juga memiliki aneka ragam kelebihan, seperti mengandung protein tinggi, kaya vitamin dan mineral rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver dan dapat membantu pencernaan antiviral dan antikanker; mudah dimasak serta mudah dicerna. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika jamur ini tidak sekedar ada dipasar tradisional tetapi sudah naik ke meja restoran, bahkan sebagai menu di hotel berbintang.
Dari fenomena ini terlihat jelas bahwa jamur yang bentuknya menyerupai kerang ini memiliki prospek bisnis yang cerah mengingat kelebihannya tersebut membuat harganya relatif stabil dipasaran. Jangan kawatir dengan modal yang terbatas. Jamur ini mudah dibudidayakan pada lahan yang terbatas dengan modal yang relatif kecil sehingga cocok untuk mereka yang baru memulai usaha atau memiliki modal terbatas. Bersiaplah menuai untung besar dari budi daya jamur tiram setelah membaca artikel ini. Selamat mencoba!

cara budidaya jamur tiram di daerah panas
cara budidaya jamur tiram di daerah panas
. Teman tau gak bahwa pemintaan pasar akan jamur tiram begitu tinggi ?! Bahkan Jawa barat pun masih belum tercukupi.. Media tanam jamur tiram berupa campuran serbuk berupa gergaji, dedak, dolomit. Kemudian di cetak ke dalam pot (baglog) dengan jumlah ratusan. Pertumbuhan jamur tiram tidak serentak. Dalam 800 baglog hanya akan tumbuh 10-20 log dalam setiap harinya. Sehingga proses panen berlangsung setiap hari. 
Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.
Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.
Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.
Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium.
Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh.
Serat jamur sangat baik untuk pencernaan.
Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet.
Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering Kandungan proteinnya 10,5-30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%.
Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin 72%.

MANFAAT JAMUR TIRAM

sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda
Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya:
  • dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah.
  • obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia.
  • bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.
  • mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan.
Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan. Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun.
Pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastin yang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnya statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia).
Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.
Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi.
Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium.
Mineral utama tertinggi adalah  Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb.[10] Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%.
Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.  Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol.
Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.
Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi.
Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan.
USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram.


Proses pembaglog kan jamur tiram
Proses pembaglog kan jamur tiram 






Proses pembuatan baglog manual menggunakan tangan,, durasi 1 menit dapat 3 


tips budidaya jamur tiram di daerah panas
tips budidaya jamur tiram di daerah panas. Selanjutnya proses inkubasi baglog. Ada yang tahu ga cah apasih inkubasi?
inkubasi adalah tahapan penyimpanan baglog yang sudah diinokulasi ke dalam ruang inkubasi hingga misellium tumbuh memenuhi baglog. misellium tumbuh sepenuhnya biasanya membutuhkan waktu selama 40 hari.


cara budidaya jamur tiram putih di rumah
cara budidaya jamur tiram putih di rumah. JAMUR TIRAM  Jamur kini menjadi bahan makanan yang banyak dicari. Budidaya jamur pun dikembangkan oleh masyarakat untuk memenuhi permintaan pasar. Apalagi jamur memang merupakan makanan yang menyehatkan. 
Berdasarkan manfaatnya, jamur dibagi menjadi tiga kelompok. Terdapat jamur yang bisa dikonsumsi, jamur yang digunakan obat, dan jamur yang beracun. Jamur yang bisa dikonsumsi ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan disebut dengan jamur yang bisa dimakan.
Jamur mengandung rendah kalori dan hampir tidak memiliki lemak. Vitamin D dan B12 juga bisa kamu temukan di dalam jamur, loh. Oleh karena itu, jamur sangat cocok untuk dikonsumsi. 
Salah satu jamur yang bisa dikonsumsi adalah jamur tiram. Jamur tiram identik dengan bentuknya yang putih, lebar, tumbuh bergerombol seperti payung, dan bentuknya yang menyerupai cangkang tiram. Jamur tiram sangat mudah ditemukan apalagi di Indonesia. Oleh karena itu, tak jarang masyarakat membudidayakan jamur tiram ini karena banyak sekali peminatnya.
Ada banyak jenis jamur tiram, mulai dari jamur tiram abu-abu, tiram putih, cokelat, dan juga emas. Di setiap jenis jamur tiram ini, tentunya memiliki keunikannya masing-masing.
Namun salah satu jamur tiram yang banyak digandrungi oleh masyarakat adalah jamur tiram putih. Kebutuhan akan jamur tiram ini selalu tinggi karena disukai oleh hampir semua kalangan. Bahkan kreasi makanan dari jamur tiram putih ini banyak sekali.
Karena kebutuhannya yang semakin meningkat, tak jarang orang berkeinginan untuk membudidayakan jamur tiram putih ini. 
Ada yang mau juga berkeinginan untuk membudidayakan jamur tiram putih ini?













Comments

Popular posts from this blog

cara ekspor udang vaname

cara ekspor udang vaname cara ekspor udang vaname. Udang Vaname, Primadona Budidaya Perikanan Tau nggak kalau Indonesia menempati urutan ketiga terbesar sebagai negara pengekspor udang di pasar dunia setelah Thailand dan India? Jenis udang yang diekspor oleh Indonesia ini salah satunya adalah dari jenis udang vaname Di Indonesia udang vaname mulai banyak di budidayakan dan dijadikan sebagai pengganti udang windu (Penaeus monodon), dimana produksi udang windu menurun sejak 1996 akibat penurunan kualitas lingkungan dan sering mengalami kematian massal akibat penyakit dan virus Udang vaname sendiri memiliki karakteristik spesifik, seperti mampu hidup pada kisaran salinitas yang luas, mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah, memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi, dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan di tambak. Ketika kita ditanya, "budidaya apa yang menjadi primadona di pasaran internasional" , tentu

ciri2 pupuk phonska palsu

 ciri2 pupuk phonska palsu ciri2 pupuk phonska palsu. Keberadaan pupuk kimia seakan tak bisa dipisahkan dari beberapa petani. Namun, beberapa daerah di Indonesia mengalami kelangkaan di berbagai daerah.  Kelangkaan pada pupuk bersubsidi bisa disalahgunakan, seperti permainan sistem distribusi (penimbunan) dan pergantian kemasan pupuk subsidi menjadi non-subsidi. Kondisi seperti ini dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab yang memproduksi pupuk palsu untuk mendapatkan keuntungan besar. Salah satu pupuk yang sering dipalsukan adalah NPK PHONSKA dari PT. Petrokimia Gresik anak perusahaan PT. Pupuk Indonesia (Persero).  Berikut cara dan tips membedakan pupuk asli dan palsu : Gunakan pupuk yang sudah terdaftar oleh pemerintah. Jangan tergiur dengan tawaran harga pupuk yang relatif lebih murah dari biasanya. Kenali label pada kemasan pupuk asli yang dijadikan pedoman dalam mengidentifikasi asli atau tidaknya pupuk tersebut seperti halnya⠀: Label tulisan “PUPUK BERSUBSIDI PE

Potensi bisnis ternak bekicot

Potensi bisnis ternak bekicot Potensi bisnis ternak bekicot. Salah satu manfaat bekicot adalah untuk dikonsumsi, bahkan di negara seperti Prancis, bekicot dianggap sebagai salah satu jenis makanan mewah. Bekicot dipercaya sebagai sumber protein dan memiliki kandungan zat antikanker serta antioksidan. Manfaat bekicot lainnya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. potensi ternak bekicot. Tampaknya tidak sedikit orang yang memandang olahan escargot sebelah mata karena ragu dengan kandungan gizinya. Padahal, sepiring escargot tidak kalah bergizi dengan sumber hewani lainnya. Dibuktikan dalam Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram (gr) daging bekicot mengandung 441 kalori (kal), 48,7 gr protein, 20,3 gr lemak, dan 15,8 gr karbohidrat. Escargot juga diperkaya dengan beragam mineral dan vitamin di dalamnya. prospek ternak bekicot. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Fisherish Sciences, menjabarkan, daging escargot dinilai memiliki nil